Katherine Barchetti :
"MAKE a CUSTOMER, not a sale"
Semua Sales People pasti ingin mempunyai pelanggan yang setia.
Dan
berita
baiknya :
Menurut bpk Silih Agung Wasesa (Pakar Branding)
Kesetiaan pelanggan ternyata bisa diciptakan dengan 5 langkah sederhana ini.
Bahkan pada saat pertemuan pertama kita dengan customer tersebut.
😍
1. TULUS 100%
Setiap perjumpaan dengan customer.
Sales People diharapkan secara explisit berSIKAP SEMPURNA dalam KETULUSAN MELAYANI
Sikap sempurna melayani bisa diekspresikan dengan :
- selalu senyum ramah
- sedikit membungkuk
- menyatukan tangan didada
Disertai ucapan selamat pagi/datang.
Ketulusan hati akan membuat sikap kita semakin sempurna dalam pelayanan.
😍😍
2. SOLUSI SIMPLE
Kita harus peka dan sigap merespon kebutuhan pertama saat bertemu pelanggan.
Berikan solusi yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan kita
Misalnya :
a. Segera cari dan berikan kursi saat custumer datang dan ruangan penuh
b. Segera berikan payung saat hujan rintik2 ⛱⛱
c. Siapkan air mineral untuknya sesaat duduk.
Intinya :
Amati perilaku dan kebutuhannya, dan segera antisipasi.
😍😍😍
3. Cari dan Curi2 dengar info tentang kebutuhannya secara langsung dan tak langsung.
Informasi ini bisa kita peroleh dari pembicaraan mereka atau menggali info dari orang dekatnya.
- driver
- baby sitter
- asisten pribadi
😍😍😍😍
4. Ciptakan rasa kangen pelanggan.
Caranya kita yang proaktif menciptakannya.
List data tentang apa saja action apa yang kira kita bisa membuat mereka kangen kehadiran kita.
- silaturahmi ke rumah
- kirim buku atau kue
- ajak meet up diluar
- greeting di WA
😍😍😍😍
5. Berikan output yang lebih dari yang diharapkan.
Berikan kejutan tambahan
- gift,
- bonus
- discount yang lebih.
- pengiriman gratis
- pengiriman lebih cepat
- follow up 2 mgg setelah pemakaian produk
😍😍😍😍😍
Steve Jobs :
"Get closer than ever to your customer, so close that you tell them what they need well before they realize themselves"
🙏🏿🙏🏿
best regards
GM. Agung Nugroho
Branch Manager Yogya
PT. Putra Sumber Abadi
Komentar
Posting Komentar
Bijaklah dalam berkomentar