5 Langkah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan



Katherine Barchetti :
"MAKE a CUSTOMER, not a sale"

Semua Sales People pasti ingin mempunyai pelanggan yang setia.

Dan
berita
baiknya :

Menurut bpk Silih Agung Wasesa (Pakar Branding)

Kesetiaan pelanggan ternyata bisa diciptakan dengan 5 langkah sederhana ini.

Bahkan pada saat pertemuan pertama kita dengan customer tersebut.

😍

1. TULUS 100%

Setiap perjumpaan dengan customer.
Sales People diharapkan secara explisit berSIKAP SEMPURNA dalam KETULUSAN MELAYANI

Sikap sempurna melayani bisa diekspresikan dengan :
- selalu senyum ramah
- sedikit membungkuk
- menyatukan tangan didada

Disertai ucapan selamat pagi/datang.

Ketulusan hati akan membuat sikap kita semakin sempurna dalam pelayanan.

😍😍

2. SOLUSI SIMPLE

Kita harus peka dan sigap merespon kebutuhan pertama saat bertemu pelanggan.

Berikan solusi yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan kita

Misalnya :

a. Segera cari dan berikan kursi saat custumer datang dan ruangan penuh

b. Segera berikan payung saat hujan rintik2 ⛱⛱

c. Siapkan air mineral untuknya sesaat duduk.

Intinya :
Amati perilaku dan kebutuhannya, dan segera antisipasi.

😍😍😍

3. Cari dan Curi2 dengar info tentang kebutuhannya secara langsung dan tak langsung.

Informasi ini bisa kita peroleh dari pembicaraan mereka atau menggali info dari orang dekatnya.
- driver
- baby sitter
- asisten pribadi

😍😍😍😍

4. Ciptakan rasa kangen pelanggan.

Caranya kita yang proaktif menciptakannya.
List data tentang apa saja action apa yang kira kita bisa membuat mereka kangen kehadiran kita.
- silaturahmi ke rumah
- kirim buku atau kue
- ajak meet up diluar
- greeting di WA

😍😍😍😍

5. Berikan output yang lebih dari yang diharapkan.

Berikan kejutan tambahan
- gift,
- bonus
- discount yang lebih.
- pengiriman gratis
- pengiriman lebih cepat
- follow up 2 mgg setelah pemakaian produk

😍😍😍😍😍

Steve Jobs :

"Get closer than ever to your customer, so close that you tell them what they need well before they realize themselves"

🙏🏿🙏🏿

best regards
GM. Agung Nugroho
Branch Manager Yogya
PT. Putra Sumber Abadi

Komentar